Web
Analytics

Manfaat Beserta Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan yang Dijamin Sehat dan Ekonomis

Cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan itu bagaimana sih? Bisakah kita membuatnya sendiri di rumah? Apakah benar makanan ini memiliki banyak manfaat? Itulah beberapa pertanyaan yang sering dilontarkan para ibu-ibu atau para penggiat kuliner khususnya bubur kacang hijau. Masyarakat Indonesia memiliki aneka ragam jenis kudapan yang menjadi favorit di masing-masing daerah, salah satunya adalah bubur kacang hijau baik menggunakan santan maupun tanpa santan. Kudapan ini menjadi pilihan masyarakat yang ingin menyantap makanan sehat, mudah dicari dengan harga yang sangat pas di kantong, apalagi kala memasuki musim hujan seperti saat ini.

Menu makanan sehat menjadi pilihan setiap orang khususnya jika memasuki musim penghujan seperti sekarang ini. Beragam manfaat akan kita dapatkan dari kudapan manis nan lezat yang bernama bubur kacang hijau tanpa santan. Cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan juga terbilang mudah dan murah. Lalu apa saja sih manfaatnya? Berikut ini beberapa manfaat dari kacang hijau, diantaranya yaitu:

  1. Bisa menurunkan kolesterol. Kacang hijau mengandung kalori yang rendah dan kandungan emak tak jenuh yang tinggi sehingga jika makanan ini dikonsumsi oleh penderita kolesterol secara rutin, maka dapat membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. (asalkan tidak menggunakan santan ya kak!)
  2. Menjaga kesehatan mata. Ternyata kacang hijau mengandung vitamin A yang tentunya sangat baik untuk kesehatan mata.
  3. Melancarkan peredaran darah. Kandungan lemak jenuh pada kacang hijau mampu membantu memperlancar aliran darah dalam tubuh kita.
  4. Terhindar dari kanker usus.  Kacang hijau mengandung serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dalam membersihkan pencernaan dari zat-zat yang berbahaya.
  5. Baik bagi ibu hamil. Adanya vitamin B1, B2, karbohidrat, lemak tak jenuh, asam folat, kalsium, protein dan fosfor menjadikan makanan ini sangat cocok bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Setelah mengetahui segudang khasiat dari kacang hijau, sudah pasti saat ini kamu ingin membeli dan menikmati bubur kacang hijau tanpa santan bukan? jika kamu malas untuk membelinya karena cuaca yang sering hujan, maka kita bisa mencoba membuat kudapan nikmat ini di rumah dengan cara yang sederhana dan ramah di kantong lho! Simak penjelasan berikut ini mengenai bahan dan cara membuat bubur kacang hijau tanpa santan!

Bahan yang diperlukan (5 porsi):

  1. ¼ kg kacang hijau, rendam dalam air panas dan tunggu hingga airnya dingin atau rendam menggunakan air dingin selama +/- 7 jam
  2. 3 blok gula jawa, sisir untuk memudahkan pengolahan
  3. 3 sdm gula pasir
  4. ½ sdt garam
  5. 1 ruas jari jahe, bakar kemudian digeprek atau diiris kecil-kecil.
  6. 4 helai daun pandan
  7. Susu kental manis (vanilla/coklat)
  8. 1 liter air, didihkan

Cara memasaknya:

  1. Rebus 1 liter air hingga mendidih, kemudian masukkan kacang hijau yang telah direndam. Tambahkan jahe yang telah digeprek/diiris dan masukkan gula jawa yang  telah disisir serta daun pandan 2 helai. Tunggu sambil diaduk-aduk
  2. Setelah bubur kacang hijau tampak empuk dan mulai meletek, tambahkan  susu kental manis, gula pasir dan garam. Icip rasa serta tingkat kemanisan bubur, jika ingin lebih wangi tambahkan sisa daun pandan 2 helai kedalam panci. Tunggu bubur kacang hijau hingga benar-benar matang sambil diaduk pelan-pelan.
  3. Setelah matang, sajikan bubur kedalam mangkok dan tambahkan hiasan daun pandan sebagai pemanis. Bubur kacang hijau tanpa santan sudah siap dinikmati.

Mudah bukan? Selamat mencoba!

Manfaat Beserta Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Tanpa Santan yang Dijamin Sehat dan Ekonomis | annu | 4.5
error: Content is protected !!