Web
Analytics

Resep Cakwe Medan Sederhana, Gurih dan Enak

Cakwe merupakan salah satu makanan atau camilan tradisional tionghoa yang memiliki rasa yang enak dan lezat. Selain dikenal dengan sebutan cakwe, biasanya cemilan ini juga disebut cakue atau cakoi. Rasanya yang sangat lezat membuat makanan khas tionghoa ini memiliki banyak penggemar mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Cakwe, cakue atau cakoi ini memiliki rasa yang sangat enak dan gurih, serta terkenal khas di Kota Medan. Khususnya Kota Bandung, cakue sendiri juga memiliki banyak penggemar. Cemilan tradisional ini biasa dinikmati saat bersantai dengan ditemani teh dan juga kopi. Namun, perlu Anda ketahui  selain menjadi cemilan, cakwe juga sangat enak jika dinikmati dengan bubur ayam. Tak jarang di temukan penjual bubur ayam menyajikan cakwe dalam hidangan bubur ayamnya.

Cakwe memang mudah dijumpai dimana saja mulai dari pedagang yang berjualan di pasar tradisional , pedagang kaki lima, hingga di kafe-kafe sebagai cemilan saat nongkrong. Harga cakwe juga dibandrol cukup murah dan ekonomis, biasanya cakwe dijual dengan harga berkisar lima ribu rupiah hingga sepuluh ribu rupiah.

Proses pembuatan cakwe sendiri tergolong mudah, hanya membutuhkan sedikit kerja keras dan waktu saja untuk membuatnya. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cakwe pun cukup mudah ditemukan. Anda bisa membelinya di pasar tradisional atau swalayan terdekat.Jangan khawatir, Anda juga bisa membuat cakwe sendiri di rumah. Adapun resep cakwe medan yang bisa jadi rekomendasi untuk Anda, antara lain sebagai berikut.

Bahan/Resep Cakwe Medan dan Saus Medan:

  • Backing powder 1 sendok teh
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Tepung terigu protein sedang 500 gram
  • Garam 2 sendok makan
  • Soda kue 2 sendok the

Cara membuat cakwe Medan :

Adapun resep cakwe Medan berikut ini cukup sederhana dan bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah.

  1. Pertama-tama, Anda  perlu menyiapkan wadah untuk mencampur terigu, backing powder, garam, dan juga backing soda, kemudian aduk hingga rata .
  2. Setelah itu, tambahkan sedikit air lalu aduk selama 20 menit.
  3. Uleni adonan hingga adonan kalis dan tidak lengket, hingga adonan elastis
  4. Selanjutnya,  balik permukaan adonan dan berikan sedikit minyak goreng. Diamkan adonan selama 1 jam.
  5. Kemudian,simpan kembali adonan dengan dibungkus plastik selama kurang lebih 4 jam.
  6. Adonan yang telah selesai didiamkan, akan segera dapat dibentuk.
  7. Keluarkan adonan tadi dari plastik dan letakkan pada talenan yang lebar. Pipihkan adonan menggunakan rol kue, kemudian bentuk adonan menjadi persegi panjang dengan ukuran lebar 6 senti meter dan tebal 15 mili meter atau bisa sesuai selera.
  8. Potong adonan tersebut menjadi bagian kecil sesuai selera. Kemudian, ambil dua bagian adonan tersebut dan rekatkan menjadi satu, tentunya dengan ukuran yang sama. Hal ini dilakukan terus menerus hingga adonan habis dan siap untuk di goreng.
  9. Sebelum itu, panaskan minyak goreng pada wajan terlebih dahulu dengan menggunakan api sedang
  10. Hal ini perlu diperhatikan, saat menggoreng cakwe Anda perlu menarik kedua bagian ujung cakwe, namun jangan sampai putus. Ini dilakukan supaya dapat mendapatkan bentuk cakwe yang bagus dan menarik, lalu di goreng.
  11. Pada proses penggorengan, cakwe akan mengembang hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Kemudian, Anda bisa angkat dan tiriskan cakwe yang telah matang.

Jenis makanan yang satu ini bisa di konsumsi oleh anak-anak. Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam cakwe cukup baik untuk perkembangan gizi. Anda bisa mencoba menikmati cakwe dengan cara Anda sendiri dan tentunya sesuai selera.

Resep Cakwe Medan Sederhana, Gurih dan Enak | annu | 4.5
error: Content is protected !!