Web
Analytics

Resep Menu Makan Siang Sederhana Khas Sunda

Bicara makan siang, tentunya ada banyak sekali menu pilihan yang bisa anda santap. Apalagi bagi anda pekerja kantoran yang seringkali makan di luar. Tapi bagi anda yang lebih banyak berdiam diri di rumah, tentunya anda bisa bereksplorasi sendiri dengan membuat menu masakan yang variatif bukan? Dari sekian banyak resep yang bisa anda coba praktikkan, ada satu resep menu makan siang yang sangat kami rekomendasikan untuk anda karena bisa dibilang menu makan siang satu ini sangat mudah untuk dibuat dan tidak sulit dicari bahan bakunya.

Menu makan siang yang sangat kami rekomendasikan ini bisa dibilang menu yang berasal dari banyak tempat di Indonesia, tapi karena saya seringkali menemukannya di menu menu rumah makan sunda, mungkin lebih pas jika kita menyebutnya resep khas Sunda. Kombinasi dari menu ini tidak terlalu mewah, hanya Tahu, tempe, Sambal bawang, Ikan asin dan Lalapan pastinya. Sebenarnya anda bisa menambahkan lauk pauknya dengan ayam goreng. Tapi menurut kami, tempe tahu dan sambal bawang saja sudah cukup untuk membuat air liur anda meleleh.

Untuk membuat resep menu makan siang khas Sunda ini anda hanya perlu melakukan beberapa metode sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapat. Ikuti beberapa langkah dibawah ini;

Proses Persiapan :

Dari segi peralatan, anda harus menyiapkan beberapa alat sederhana yang pasti anda miliki di rumah seperti :

Wajan, Pisau, Tatakan (untuk mengiris Tempe), Beberapa Piring dan Cobek Batu dan Ulekannya (anda bisa juga menggunakan blender, tapi tentu rasanya akan berbeda.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk memasak ini juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini;

Untuk bahan tempe dan tahu goreng

  • Tempe (Ukuran bisa anda sesuaikan dengan jumlah orang)
  • Tahu Secukupnya
  • Garam dapur Secukupnya
  • Lada bubuk 1 sendok teh
  • Ketumbar Bubuk 1 sendok teh
  • Minyak Goreng secukupnya

Untuk Bahan bahan Sambal Bawang

  • Cabe setan atau cabe rawit merah 30 buah
  • Tomat 1 buah saja
  • Cabe Merah matang 10 buah
  • Bawang merah 10 buah
  • Gula pasri/gula merah (bisa anda sesuaikan dengan selera)
  • Minyak sayur secukupnya

Untuk Ikan asin anda bisa menyiapkan ikan asin pedas atau ikan asin sepat siam, bisa juga anda ganti dengan ikan asin toman tapi harganya cukup mahal. Sedangkan untuk lalapan, anda bisa memilih lalapan apapun, tapi bagi anda yang senang makanan pedas, kami sangat merekomendasikan kemangi muda.

Langkah Pembuatan

Untuk membuat tahu dan tempe

  1. Pastinya pertama tama anda harus membuat racikan bumbunya dulu. Campuran air, garam, ketumbar, dan lada bubuk dengan kombinasi sesuai selera ke wadah yang disiapkan. Kemudian anda aduk hingga merata. Diamkan selama 10 menit.
  2. Iris tempe dan tahu sesuai selera anda. Jangan lupa untuk menyisitnya pada bagian samping agar air bumbu bisa meresap dengan baik.
  3. Masukkan tempe dan tahu yang sudah diiris kedalam wadah yang sudah berisi bumbu ini. Diamkan selal beberapa menit.
  4. Jika sudah meresap goreng tempe di waja berisi minyak yang sudah panas. Usahaka tempe dan tahunya tenggelam. Goreng hingga kering agar lebih mantap.
  5. Anda bisa juga menaburkan daun jeruk yang sudah diiris di atasnya agar lebih enak.
  6. Simpan tempe dan tahu pada piring khusus. Sisihkan.

Untuk Menggoreng Ikan Asin

  1. Siapkan wajan dan tunggu hingga panas.
  2. Masukkan ikan asin yang sudah anda siapkan dan goreng hingga kecoklatan
  3. Anda bisa juga mencuci ikan asin tersebut terlebih dahulu jika ingin rasa yang tidak terlalu asin.

Membuat Sambal

  1. Goreng semua bahan yang disiapkan seperti bawang, tomat, cabe rawit atau cabe setan.
  2. Masukkan bahan bahan yang sudah digoreng ke cobek.
  3. Masukkan garam dan gula secukupnya ke cobek
  4. Ulek hingga rata
  5. Anda bisa juga menggunakan blender, tapi kami sangat merekomendasikan ulekan tradisional saja karena akan lebih terasa teksturnya.

Jangan lupa siapkan tempat untuk lalapan karena masakan sunda ini sangat dentik dengan lalapan.

Proses Hidangan

Hidangkan menu ini di sebagai resep menu makan siang khas Sunda yang sangat cocok untuk anda coba. Jika anda kurang suka lalapan mentah, akan lebih lezat kalau anda menjadikan tempe dan tahu yang digoreng kering sebagai lalapan anda. Pastinya akan sangat lezat. Apalagi jika ditunjang nasi hangat yang pulen saat memakannya dan meminum air teh panas setelahnya.

Resep Menu Makan Siang Sederhana Khas Sunda | annu | 4.5
error: Content is protected !!